Artikel Kesehatan

Langkah Cerdas Memenuhi Zat Gizi yang Dibutuhkan Orang Tua

Old.jpg (500×500)

1. Vitamin B12:

Vitamin B12 adalah zat gizi yang diperlukan tubuh dalam proses pembentukan sel darah merah. Vitamin B12 dapat ditemukan dalam makanan yang mengandung protein hewani seperti telur atau daging. Vitamin B12 juga terdapat dalam suplemen dan sereal yang difortifikasi, sehingga dapat diserap dengan cepat oleh tubuh. Sejak usia 50 tahun, Anda harus mulai mengonsumsi sereal yang telah difortifikasi.

2. Kalium :

Resiko bertambahnya tekanan akan meningkat seiring dengan pertambahan usia. Sebagai langkah preventif dari risiko stroke dan serangan jantung yang disebabkan oleh peningkatan tekanan darah , maka konsumsi natrium harus dibatasi dan menambah asupan kalium.

Mayoritas obat hipertensi memiliki sistem kerja meningkatkan pengeluaran urine. Pengeluaran urine yang berlebih dapat menyebabkan turunnya kadar natrium dan kalium dalam tubuh. Keduanya penting bagi tubuh tapi kalium lebih diperlukan dari natrium. Sebagai solusi pemenuhan kebutuhan kalium, dianjurkan meningkatkan konsumsi buah dan sayur kaya kalium seperti: pisang, brokoli dan kentang.

3. Mengatur Asupan Kalori:

Dengan pertambahan usia , sistem metabolisme dalam tubuh akan melambat, yang berpengaruh pada pembakaran kalori . Untuk itu, asupan kalori harus disesuaikan. Hal ini juga berkaitan dengan pola aktivitas orang tua yang terbatas atau tak lagi aktif.

Melambatnya metabolisme tubuh yang diikuti dengan semakin terbatasnya aktivitas fisik akan menyebabkan kalori berlebih dan dapat meningkatkan penyakit jantung, osteoporosis, osteoartritis, diabetes dan penyakit lainnya.

4. Menggunakan Bumbu yang Sehat :

Semakin senja kehidupan manusia , air liur dan kekuatan indra perasa berkurang sehingga menurunkan selera makan. Untuk itu dianjurkan untuk menambahkan bumbu lain yang bebas dari natrium. Hindari makanan yang dimasak terlalu matang karena akan menghilangkan rasa.

Lada atau bumbu rempah dapat menjadi pilihan untuk menguatkan rasa. Jika dirasakan asupan rempah-rempah terlalu berlebih, Anda dapat menurunkan efek buruk dari rempah-rempah tersebut dengan banyak minum air putih dan susu.

5. Konsumsi Air Putih:

Rangsang haus akan semakin menurun seiring bertambahnya usia. Penggunaan obat-obatan seperti Antihistamin dan Tekanan Darah dapat membuat Anda merasa kekurangan cairan. Untuk itu, pengguna obat-obatan jenis ini harus minum air putih lebih banyak untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh.

Dehidrasi merupakan faktor utama penyebab kematian pada orang tua. The Institute of Medicine menyatakan bahwa perempuan harus minum 2,2 liter atau 9 gelas air putih sehari dan laki-laki harus minum 3 liter atau 13 gelas air putih sehari. Kurangilah konsumsi kopi, teh dan alkohol.

6. Kalsium:

Kesehatan tulang juga menjadi hal yang perlu diperhatikan pada orang tua . Mengkonsumsi Kalsium akan memperkuat tulang sehingga tidak mudah keropos.

Orang tua membutuhkan kalsium lebih banyak karena kadar laktosa dalam tubuh menurun. Orang dewasa memerlukan 1.000 mg kalsium per hari dan harus ditingkatkan sampai 1.200 mg untuk wanita di atas usia 50 tahun dan pria di atas usia 70 tahun.

7. Vitamin D:

Vitamin D berfungsi untuk menyerap kalsium. Indonesia dianugerahi sinar matahari berlimpah yang akan mengaktivasi Vitamin D didalam darah. Makanan yang diperkaya vitamin D juga dapat membantu memenuhi kebutuhan tubuh. Vitamin D larut dalam lemak susu yang rendah lemak.

8. Lutein :

Banyak fungsi normal organ tubuh yang berkurang disaat usia memasuki ambang senja, termasuk didalamnya organ penglihatan. Sebagai pencegahan dari rabun atau katarak, asupan lutein perlu ditingkatkan pada usia pertengahan.

Nutrisi beta-carotene dan vitamin A dapat membantu meningkatkan kemampuan kognitif. Lutein dapat diperoleh dari sayuran berdaun seperti bayam dan brokoli, buah-buahan seperti anggur dan jeruk serta kuning telur.

9. Serat:

Buah-buahan segar, sayur dan kacang-kacangan adalah contoh bahan makanan kaya serat. Makanan berserat dapat membantu kelancaran proses pencernaan. Mengkonsumsi serat penting untuk menjaga kesehatan , menurunkan risiko peradangan organ cerna, menurunkan kolesterol dan menurunkan kadar gula darah.

10. Atur Asupan Lemak:

Lemak jenuh adalah jenis makanan yang perlu dibatasi untuk dikonsumsi. Sebagai gantinya, disarankan untuk mengkonsumsi susu yang rendah lemak dan makanan seperti kedelai.

11. Manajemen Karbohidrat yang Sehat:

Manajemen Karbohidrat yang Sehat bertujuan untuk menjaga berat badan ideal dan memelihara kesehatan pankreas sehingga akan menjaga pula kesehatan fungsi hormon Insulin yang bertugas mengatur kadar gula dalam darah . Karbohidrat olahan seperti roti tawar memiliki kadar vitamin dan serat yang rendah.Sebagai gantinya, memenuhi asupan karbohidrat secara sehat dengan mengonsumsi buah-buahan adalah langkah yang bijaksana.

12. Suplemen:

Pepatah Cina mengatakan, ” Makanan adalah Obat Bila dikonsumsi Secara Seimbang ” adalah nasihat yang baik untuk kita semua. Untuk menjaga keseimbangan beberapa jenis nutrisi yang tidak bisa dipenuhi melalui makanan , diperlukanlah suplemen gizi.

Para ahli gizi telah merumuskan piramida makanan untuk orang tua dan menyarankan untuk mengonsumsi suplemen gizi kebutuhan kalsium terpenuhi. Suplemen kalsium, vitamin B12 dan vitamin D sangat penting bagi kesehatan. Akan tetapi suplemen bisa berbahaya bagi tubuh manusia jika berlebihan. Jadi, berhati-hatilah ketika Anda mengkonsumsi suplemen makanan dalam rutinitas sehari-hari. Sebaiknya konsultasilah kepada dokter jika ingin mengkonsumsi suplemen harian.

Amankah Bersepeda di Tengah Polusi Kendaraan ?

sepeda.jpg (600×600)

Saat ini, kesadaran akan pentingnya kesehatan menunjukkan peningkatan, dengan salah satu indikatornya adalah semakin tingginya minat berolahraga. Salah satunya adalah olahraga bersepeda. Hobby yang murah meriah ini semakin hari semakin banyak penggemarnya utamanya di kota-kota besar.

Hal ini tentunya kemudian menimbulkan pertanyaan yang menggelitik, ” amankah bersepeda di tengah kepungan asap polusi di tengah kota? ”

Beberapa penelitian memaparkan beberapa efek negatif paparan polusi bagi kesehatan, terutama polusi dari knalpot kendaraan bermotor. Namun disisi lain, paparan polusi tersebut tidak akan menimbulkan efek negatif yang signifikan apabila dibarengi dengan aktifitas fisik yang intensif seperti bersepeda.

Kesimpulan ini diperoleh dari hasil penelitian dari Queensland University of Technology (QUT) yang ingin mempelajari  dampak paparan dan volume polusi udara serta rute bersepeda terhadap kondisi kesehatan. Penelian tersebut menemukan kesimpulan bahwa bernafas di udara yang mengandung polusi kendaraan sepanjang jalan selama pagi dan sore hari hanya berdampak kecil bagi kesehatan pengendara sepeda.

Meskipun dampak polusi terhadap kesehatan pegowes cukup sedikit,tentu saja diharapkan pengendara sepeda tetap bijak dengan berusaha semaksimal mungkin tidak terpapar oleh asap polusi. Mencari rute yang lebih sedikit dilewati kendaraan bermotor tentu akan mengurangi jumlah partikel udara kotor yang dihirup. Pengendara sepeda yang menderita keluhan asma sangat dianjurkan menyusuri jalan yang kurang padat. Karena partikel emisi kendaraan bermotor bisa berdampak buruk pada sistem pernapasan.

Temuan lain yang dipaparkan dalam penelitian ini adalah pesepeda yang memiliki gangguan pernapasan cenderung merasa sesak napas dan mengalami mengi setelah terpapar oleh polusi. Solusinya adalah untuk mengubah rute perjalanannya atau menggunakan alat bantu pernapasan untuk mengatasi keluhan yang dirasakan.

Penelitian ini juga menunjukkan bahwa polusi dari asap kendaraan bermotor lebih mengganggu pada pengendara sepeda wanita , karena mereka lebih mampu mendeteksi peningkatan bau emisi gas buang. Artinya, para wanita ini lebih sensitif terhadap paparan emisi kendaraan bermotor.

Olahraga sepeda merupakan olahraga yang murah, dan mudah dilakukan. Tak heran, saat ini semakin banyak yang menjadikan sepeda sebagai alat transportasi tatkala berangkat ke tempat kerja atau sekolah. Bersepeda juga adalah solusi efektif untuk mengendalikan kemacetan serta polusi udara. Namun, alangkah bijaknya bila dalam melakukan hobby ini tetap memperhatikan keselamatan dengan menggunakan alat pelindung serta berusaha menghindari tempat-tempat dengan paparan polusi udara.

Mandi Air Dingin Bermanfaat bagi Kesehatan

Mandi.jpg (600×600)

Mandi air hangat sangatlah menyenangkan , sehingga beberapa orang biasanya lebih memilih untuk mandi air hangat daripada air dingin. Tahukah anda bahwa mandi air dingin memiliki banyak manfaat kesehatan diandingkan dengan mandi air hangat.

Mandi dengan air dingin bermanfaat untuk membantu meningkatkan metabolisme, mencegah cedera otot pasca latihan dan mengatur kadar asam urat dalam tubuh Anda. Manfaat lain dari mandi air dingin seperti dikutip Healthmeup adalah berikut ini:

1. Meningkatkan Kesuburan Pria : Mandi air panas dapat berpotensi menimbulkan efek yang tidak baik untuk testis Anda, dimana jumlah sperma yang dihasilkan bisa berpotensi untuk berkurang. Mandi air dingin akan membantu dalam menjaga kesehatan,bahkan meningkatkan kesuburan pria akan sangat baik bagi anda yang sedang dalam program untuk memiliki seorang anak.

2. Meningkatkan sirkulasi darah dan membantu proses detosksifikasi : Ketika kulit bertemu dengan air dingin , pembuluh darah di bawah permukaan kulit akan mengkerut. Hal ini akan menyebabkan berkurangnya sirkulasi darah. Pada saat yang sama, mekanisme tekanan darah secara otomatis akan menghancurkan dan menargetkan jaringan. Hal ini menyebabkan darah bersikulasi dengan dorongan lebih besar yang akan berpengaruh pada menguatnya aliran darah dalam meningkatkan sirkulasi.

3. Bermanfaat bagi kekebalan tubuh : Mandi air dinginakan meningkatkan metabolisme , meningkatkan panas tubuh dan menghidupkan kembali sistem kekebalan tubuh dengan melepaskan sel darah putih. Sebagaimana kita ketahui, sel darah putih merupakan “pasukan” yang menjaga benteng tubuh dari serbuan penyakit.

4. Meningkatkan metabolisme : Mekanisme ini hampir sama dengan saat seseorang merasa kedinginan, biasanya mereka akan mengenakan selimut atau jaket untuk menghangatkan tubuh. Saat tubuh Anda disiram air dingin, tubuh akan berusaha menstabilkan suhu dengan menghasilkan panas, yang membuat metabolisme tubuh meningkat dengan cepat. Metabolisme yang meningkat ini akan membakar karbohidrat serta lemak sehingga anda akan merasa hangat.

5. Melindungi dari Cedera : Pada saat seseorang melakukan aktivitas fisik, otot-otot akan meradang dan akan membutuhkan waktu untuk rileks kembali. Untuk meningkatkan kekuatan dan massa otot, serat pada otot Anda akan membesar dan mengerut. Aktivitas fisik yang berlebihan dapat menyebabkan serat otot pecah. Sebagai pencegahan sangat dianjurkan untuk mandi dengan air dingin.

6. Mengurangi Nyeri dan Meningkatkan Fungsi Ginjal: mandi air dingin dapat mengurangi nyeri kronis, mengurangi nyeri tubuh, meningkatkan kesehatan rambut, fungsi ginjal, mengurangi pembengkakan dan mengatur sistem saraf otonomik.

7. Memperbaiki irama tubuh: Air dingin dapat memperdalam pernapasan Anda dan membantu melawan kelelahan. Bahkan jika Anda mengalami masalah tidur, mandi air dingin dipercaya bisa memembuat tidur menjadi lebih nyenyak.

Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Jantung

img-1429509490.jpg (450×320)

Tapi buah yang tumbuh dari sebuah tanaman. Di sebut buah naga karena kulitnya memiliki sisik seperti seekor naga. Nama asli buah ini sendiri sebenarnya adalah buah pitaya. Buah naga ini tumbuh subur di daerah tropis dan subtropis, di wilayah amerika selatan dan asi. Pohon Buah naga sendiri berduri seperti pohon kaktus. Buahnya berwarna merah dengan daging buah berwana putih atau merah kehitaman, dan memiliki biji berwarna hitam.

Buah naga sendiri memiliki nama ilmiah:

Ceraus, Acanthocereus, Echinocereus, Selenicereus, Stenocereus, Escontria, Myrthillocactus.

Buah naga juga di kenal juga sebagai :

Pitaya,Dragon fruit, Red Pitahaya, night blooming Cereus,Strawberry Pear, Belle of the Night , conderella plant .

nama umum lain :

Prancis : Cierge- lezard, poire de chardon ,

Jerman : Distelbirn Echte Stachelbirn, Drachenfrucht.

Hawai  : Pa-nani-o-ka .

Portoguese : Cato-Barse, Cardo-ananaz.

Spanyol : Pithaya Roja ( Kolombia , Meksiko, Venezuela ): flor de caliz, pitajava (Puerto Rico) ;junco, junco tapatio, pitahaya orejona, reina de la noche, tasajo ( mexico)

Swedia: skogskaktus,rod  pitahaya .

Nilai gizi dari 100 gram buah naga adalah :

  • Air 80-90 gram
  • asam askorbat ( vitamin C ) 4-25 mg
  • Ash 0,4-0,7 gram
  • kalsium 6-10 mg
  • kalori : 35-50
  • Karbohidrat 9-14 gram
  • Karoten ( vitamin A) traces
  • lemak 0,1-0,6 gram
  • serat 0,3-0,9 g
  • Iron 0,3-0,7 mg Niacin (Vitamin B3) 0,2-0,45 mg
  • Fosfor 16-36 mg
  • Protein 0,15-0,5 g
  • Thiamine (vitamin B1) traces
  • Riboflavin ( vitamin B2) traces

Manfaat buah naga untuk kesehatan:

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Buah naga kaya akan vitamin C dan serat yang bermanfaat bagi tubuh
  2. Membantu proses pencernaan, karena buah naga kaya akan serat.
  3. Menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2.
  4. Mencegah terbentuknya sel kanker akibat radikal bebas. Mineral dan serat yang terkandung dalam buah naga membantu membersikan racun dalam usus besar. Dan mecegah terjadinya kanker usus.
  5. Sebagai anti- oksidan, karena terkandung vitamin c,mineral,dan pytoalbumin yang tinggi,maka buah naga mampu mencegah radikal bebas dan ber sifat anti-oksidan.
  6. Membantu mengatur kadar kolesterol.

Selain itu juga buah naga bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka,meningkatkan nafsu makan,meningkatakan penglihatan, menurunkan berat badan, meningkatkan daya ingat.

Manfaat yang paling besar dari buah naga adalah dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. karena dapat mengurangi tingkat kolesterol jahat,dan kemungkinan terjadi penumpukan plak di arteri dan vena sangat rendah atau bahkan tidak mungkin terjadi. Kandungan positif dari buah naga ini bisa mengaktifkan kolesterol HDL (kolesterol baik)nyang mampu menurunkan koresterol LDL(kolesterol buruk) dengan mengurangi reseptor yang ada di dinding arteri. Menurut sebuah studi yang di terbitkan dalam jurnal Farmakognisi pada tahun 2010,para peneliti menemuan bahwa dengan mengkonsumsi bah naga dapat membantu menurunkan resiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. karena buah naga membunyai kandugan lemak monosaturade yang membantu menjaga hati kita dalam keaadan baik. Selain itu, buah naga bisa menurunkan tingkat stress yang tinggi oksidasi,yang merupakan salah satu faktor utama penyakit jantung.

Untuk menikmati buah naga,selain dapat di konsumsi secara langsung , buah naga juga bisa di buat jus, dan bisa di campurkan dengan buah-buahan lain untuk menambah cita rasanya, seperti contoh berikut.

smoothie buah naga.

  • 1 buah naga ambil bagian dagingnya saja
  • 1 buah pisang
  • 1 gelas air kelapa
  • 1 gelas sari jahe.

Campur semua bahan dan siap untuk di nikmati.

Dibalik penampilannya yang sedikit ekstrim,buah naga memiliki rasa yang sedikit tawar. Mirip seperti buah melon, tapi tidak terlalu manis. Setelah tau dari manfaat buah naga ini, jangan lupa selalu sediakan buah naga dirumah, selain cantik untuk menghias rumah. Manfaatnya pun tidak kalah penting untuk tubuh.

Buah Untuk Kesehatan Mata

Khasiat-Buah-Kiwi.jpg (680×439)

Mata merupakan jendela hati. Demikian kata pepatah mengatakan. Memang benar, dari mata kita dapat mewakili semua rasa yang ada. Sorot mata memiliki arti bahkan manusia dapat berkomunikasi hanya melalui tatap mata. Mata juga tak mampu menyembunyikan sebuah kebohongan. Betapa dahsyat fungsi mata selain mampu menunjukkan kepada kita akan indahnya dunia. Namun tahukah Anda apa yang baik untuk mata? Ya, mata perlu sehat dan kita akan membicarakan tentang manfaat buah untuk kesehatan mata.

Buah selain enak dimakan, menyegarkan tubuh sekaligus menyehatakan tubuh, juga memiliki berjuta manfaat lain. Salah satunya adalah untuk meningkatkan kesehatan mata. Bagaimana bisa? Ya, di dalam berbagai jenis buah terkandung suatu komponen zat warna yang disebut sebagai beta karoten. Beta karoten ini dapat mengaktifkan pro vitamin A menjadi vitamin A yang baik untuk kesehatan mata dan meningkatkan daya akomodasi. Beta karoten terdapat di dalam buah-buahan khususnya yang berwarna kuning, jingga atau kemerahan. Sebagai contoh adalah buah mangga, papaya, jeruk, apel, semangka, melon. Kalau buah berwanra merah, kunging, jingga, oranye sudah Nampak jelas mengandung karoten, buah apel berwarna hijau serta pir ternyata juga mengandung beta karoten dalam kadar cukup tinggi.

Selain meningkatkan daya akomodasi, adanya beta karoten di dalam buah mampu mengobati katarak bahkan glaucoma. Khasiat buah untuk kesehatan mata juga diperankan oleh adanya kadar lutein tinggi seperti terdapat pada buah kiwi, pisang, jambu juga dapat mengobati katarak. Kadar vitamin C yang tinggi pada buah juga dapat menguatkan jaringan ikat pada area mata serta memperlancar peredaran darah. Vitamin C juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga membantu tubuh mengurangi terjadinya infeksi pada mata.

Beberapa buah yang mengandung minyak esensial seperti buah zaitun, buah strawberry bagus untuk mata, khususnya dalam proses membersihkan mata serta mengobati mata radang. Juga dapat mengobati katarak. Kandungan folat, kalsium serta kalium di dalam beberapa jenis jeruk, pisang, salak. Betapa besar manfaat buah untuk kesehatan mata.